Bhabinkamtibmas Polsek Malangbong Dan Babinsa Hadiri Pelaksanan Ujian Seleksi 3 Perangkat Desa.

 


Garut, |- Pada hari ini, Selasa (18/07/3023) Bhabinkamtibmas Polsek Malangbong Dan Babinsa di wilayah Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut Jawa Barat, ada 3 desa sama-sama menggelar Pelaksanaan Ujian Seleksi Perangkat Desa yang dipusatkan di Desa Cisitu dengan kebutuhan perangkat masing-masing sama hanya 1(satu) perangkat desa, namun total yang mengikuti ada 14  peserta.


"Hari ini kita melaksanakan kegiatan seleksi perangkat desa, yang tempatnya di aula Desa Cisitu untuk tiga desa, yaitu Desa Cisitu, Sukamanah dan Cimagara," kata Asep Saepudin panitia Seleksi Perangkat Desa dari Desa Cisitu.


Masing-masing desa itu, lanjutnya, hanya  1 perangkat yang dibutuhkan. Namun jumlah calon perangkat yang mengikuti dari 3(tiga) desa itu ada 14 calon peserta perangkat desa. 


Secara detail Asep menyampaikan, Calon-calon perangkat desa tersebut, yakni dari Desa Cisitu sebanyak 9 calon, Desa Sukamanah ada 2 calon dan Calon perangkat desa dari Desa Cinagara berjumlah 3 orang. "Jadi totalnya 14 calon perangkat desa yang mengikuti Ujian Seleksi Perangkat Desa," simpul Asep Saepudin.


Saat ini, sambungnya, kita sekarang sedang menunggu soal yang dibawa dari kabupaten. Jadi soal itu didadak dibawa ke lokasi pelaksanaan untuk menghindari kebocoran-kebocoran soal.


Karena mungkin kalau berbeda waktu,  kemarin atau kapan, mungkin hasilnya lain.  Tapi kita secara perwakilan dari tiga desa, pagi-pagi kita ke Kabupaten  didampingi oleh pihak kecamatan untuk mengambil soal Ujian Seleksi Perangkat Desa. Dengan demikian, mengenai materi soal kita sama sekali tidak mengetahuinya. 


Tentunya dengan cara seperti itu, agar tidak ada rasa su'udzon, bahwa soal itu akan bocor dan lain-lain. Buktinya sampai-sampai jam ini, sampai ini saat menjalani pelatihan, kan kita nggak tahu,  nggak tahu belum ada soalnya.


Setiap desa itu ada panitia seleksi seleksi. Begitupun dari Kecamatan juga ada panitianya tersendiri, dan kami selalu berkoordinasi di waktu-waktu tertentu sampai menjelang pelaksanaan ujian seleksi perangkat desa.




Alhamdulillah, ujarnya, di sini kan ada dari berbagai pihak yang ikut menyaksikan,  diantaranya ada dari Forkopimcam, Babinsa, LPM dan  Pendamping Desa.


Sementara itu Kepala Desa Sukamanah sangat mengapresiasi dengan adanya seleksi perangkat desa, menurutnya perangkat desa itu cukup membantu untuk perjalanan kepala desa.


"Ada 3 desa yang mengikuti seleksi perangkat, salahsatunya Desa Sukamanah yang dibutuhkan 1 orang perangkat,  peserta yang ikut seleksi ada 2 orang," ujar Aten.


Kata Aten, dengan adanya seleksi perangkat desa ini kami sangat mengapresiasi karena dengan adanya perangkat desa Salah satu misi dan visi Desa bisa terkabulkan untuk kemajuan desa.


"Adapun tugas fungsi perangkat desa nanti akan dialokasikan sesuai dengan karakter ataupun bidang masing-masing," sambungnya. 


Selain itu Aten Kepala Desa Sukamanah menyampaikan harapannya, Mudah-mudahan dengan terpilihnya satu dari masing-masing calon peserta perangkat desa, bisa menerima keputusan apapun bentuknya. Karena ini sesuai dengan standar operasional. 


"Tentunya kami sangat mengapresiasi Semoga bisa berjalan lancar dengan mulus transparan dan terbuka," pungkas  Aten Sulaiman  Kepala Desa Sukamanah. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama