Polsek Kadungora Polres Garut Padamkan Api Di Gunung Haruman

 

 


Garut -  Karena dampak cuaca dan musim kemarau yang berkepanjangan potensi kebakaran meningkat pesat, lahan dan hutan adalah salah satu bagian yang terdampak dari musim kemarau tersebut.


Lahan perkebunan milik masyarakat dan lahan milik perhutani di Gunung Haruman Desa Harumansari Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut pada hari Rabu tanggal 20 September 2023 sekitar pukul 16.00 WIB dilaporkan mengalami kebakaran.


Melihat hal tersebut anggota Polsek Kadungora Polres Garut yang sedang melakukan kegiatan rutin patroli segera bergegas untuk melakukan upaya pemadaman secara manual menggunakan daun besar yang ada dilokasi kejadian, mengingat lokasi jauh dari sumber air dan mencegah penyebaran api yang cukup cepat akibat bantuan dari angin.


Selain melakukan pencegahan awal anggota Polsek Kadungora Polres Garut pun berkoordinasi dengan Tagana Kabupaten Garut Wilayah Kecamatan Kadungora, Koramil Kadungora, Satpol PP Kec. Kadungora, masyarakat Harumansari dan LMDH Harumansari untuk bekerja sama memadamkan api.


Hingga pada pukul 21.00 WIB, Polsek Kadungora bersama instansi terkait dan unsur komponen masyarakat berhasil memadamkan api di lokasi kejadian. Polsek Kadungora menyebutkan dugaan penyebab kebakaran sementara berasal dari lahan kebun bambuu yang kering ditimpa oleh musim kemarau yang menyebabkan suhu menjadi panas serta intensitas angin yang cukup tinggi.


Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, melalui Kapolsek Kadungora Kompol Deden Saripin, S.H, mengkonfirmasi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, hanya saja lahan sekitar 1 hektar di Gunung Haruman habis terbakar oleh si jago merah.

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama